MANUSIA dan CINTA
KASIH
v PENGERTIAN CINTA KASIH
Cinta dan Kasih adalah dua kata yang hampir sama tetapi mempunyai makna atau arti yang berbeda cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu masa untuk ingin menyayangi dan memiliki, seperti perasaan cinta ibu kepada anak nya, perasaan cinta tuhan kepada umat nya yang bertaqwa. cinta yang tulus akan menimbulkan nilai-nilai kejiwaan yang selalu tulus dan berserah. Kasih sayang adalah dua kata yang berarti, kasih itu murah hati, kasih itu mau mengerti, kasih itu pemaaf, kasih itu mau memberi, dan banyak lagi arti kasih. sedangkan sayang adalah penuh pengertian, mau percaya, mau bicara dan banyak lagi. jadi Kasih sayang adalah pembangunan kasih sayang jangan pernah menuntut perhatian dan kasih sayang seseorang, bila kamu tidak memulai yang kamu tuntut. Kasih adalah sebuah kata yang sering terdengar di telinga kita. Kasih bukanlah suatu hal yang tabu untuk diucapkan, apalagi dirasakan. Kasih akan membuat kita merasa nyaman, damai dan tentram.
Cinta pun
merupakan perasaan seseorang kepada lawan jenisnya, karena ketertarikan
terhadap sesuatu yang dimiliki oleh lawan jenisnya (misalnya sifat, wajah dan
lain-lain. Dengan cinta kita bias berbagi suka maupun duka dengan pasangan
kita. Namun dalam menjalin hubungan kita harus saling melengkapi satu sama lain
dan menerima pasangan kita apa adanya. Selai itu pula, kemesraan tak bisa
terpisahkan dari kedua hal diatas. Kemesraan berasal dari kata dasar ‘mesra’,
yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan akrab baik
antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah
tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Cinta
yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan .
v CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
cinta menurut ajaran agama merupakan bagaimana cara kita untuk mengungkapkan rasa sayang atau cinta kita terutama terhadap ALLAH SWT,sesama makhluk hidup sekalipun.di dalam ajaran agama cara mengungkapkannya tidak perlu di lakukan wajib dengan perbuatan tetapi di lakukan dengan cara sesuai dengan kehendak hati kita masing-masing.apakah kita melakukannya atau mengungkapkannya semata-mata karena ALLAH SWT atau karena ada maksud-maksud tertentu.akan lebih indahnya kalau kita mengungkapkannya dengan memakai hati atau perasaan yang paling dalam dari lubuk hati kita.pasti akan terasa sejuk dan nyaman di bandingkan dengan cara ada maksud tertentu kita melakukan atau mengungkapkan rasa cinta kasih kita terhadap yang maha pencipta(terutama).
Ada yang
berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa dikaitkan
dengan agama, tetapi dalam kenyataan hidup manusia masih mendambakan tegaknya
cinta dalam kehidupan. Di satu pihak ada yang mengatakan, cinta di dengungkan
lewat lagu dan organisasi perdamaian dunia, tetapi di pihak lain ada juga yang
mengatakan dalam praktik kehidupan cinta sebagai dasar kehidupan jauh dari
kenyataan.
Cinta menampakkan
di dalam kehidupan manusia dalam berbagai bentuk, kadang-kadang seseorang
mencintai dirinya sendiri, kadang-kadang seseorang mencintai orang lain. Atau
juga istri dan anaknya, hartanya allah dan rasulnya, berbagai bentuk cinta ini
bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Qur’an .
àCINTA DIRI
Cinta ini erat
kaitannya dengan dorongan menjaga diri, manusia senang untuk tetap hidup,
mengembangkan potensi dirinya, dan mengaktualisasikan diri. Ia mencintai segala
sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya. Sebaliknya ia akan membenci
segala sesuatu yang menghalanginya untuk hidup, berkembang dan
mengaktualisasikan diri, Ia juga membenci segala sesuatu yang mendatangkan rasa
sakit, penyakit, dan mara bahaya. Al-Qur’an telah mengungkapkan cinta alamiah
manusia terhadap dirinya sendiri, kecenderungan untuk menuntut segala sesuatu
yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya, dan menghindari dari segala sesuatu
yang membahayakan keselamatan dirinya, melalui ucapan Nabi Muhammad SAW, bahwa
seandainya beliau mengetahui hal-hal gaib tentu beliau akan memperbanyak
hal-hal yang baik bagi dirinya dan menjauhi dirinya dari segala keburukan.
àCINTA KEPADA SESAMA MANUSIA
Agar manusia
dapat hidup dengan keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya tidak
boleh tidak ia harus membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya.
Hendaknya ia menyeimbangkan cintanya itu dengan cinta dan kasih sayang pada
orang-orang lain, bekerja sama dengan memberi bantuan kepada orang lain. Oleh
karena itu, Alloh ketika memberi isyarat tentang kecintaan manusia pada dirinya
sendiri, seperti yang tampak pada keluh kesahnya apabila ia tertimpa kesusahan
dan usahanya yang terus menerus untuk memperoleh kebaikan serta kebakhilannya
dalam memberikan sebagian karunia yang diperolehnya, setelah itu Allah langsung
memberi pujian kepada orang-orang yang berusaha untuk tidak berlebih-lebihan
dalam cintanya kepada diri sendiri dan melepaskan diri dari gejala-gejala itu
adalah dengan melalui iman menegakan shalat, memberikan zakat, bersedekah
kepada orang-orang miskin dan tak punya, dan menjauhi segala larangan Allah.
Keimanan yang demikian ini akan bisa menyeimbangkan antara cintanya kepada diri
sendiri dan cintanya kepada orang lain. Dengan demikian akan bisa
merealisasikan kebaikan individu dan masyarakat.
àCINTA SEKSUAL
Cinta erat kaitannya
dengan dorongan seksual sebab yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang,
keserasian, dan kerja sama antara suami dan istri, ia merupakan faktor yang
primer bagi kelangsungan hidup keluarga.
Dorongan seksual
melakukan fungsi penting yaitu melahirkan keturunan demi kelangsungan jenis,
lewat dorongan seksual terbentuk keluarga, dari keluarga terbentuk masyarakat
dan bangsa. Dengan demikian bumipun menjadi ramai, kenal mengenal, kebudayaan
berakembang.
Dan ilmu
pengetahuan dan industri menjadi maju Islam mengakui dorongan seksual jelas
dengan sendirinya ia mengakui pula cinta seksual yang menyertai dorongan tsb.
Sebab ia merupakan emosi alamiah dalam diri manusia yang tidak diingkari, tidak
ditentang ataupun ditekannya. Yang diserukan Islam hanyalah pengendalian dan
penguasaan cinta lewat pemenuhan dorongan tsb antara yang sah yaitu dengan
perkawinan.
àCINTA KEBAPAKAN
Mengingat bahwa
antara ayah dengan anak-anaknya tidak terjalin oleh ikatan-ikatan fisiologis
seperti yang menghubungkan si Ibu dengan anak-anaknya maka para ilmu jiwa
modern berpendapat bahwa dorongan kebapakan bukanlah dorongan fisiologis
seperti halnya dorongan keibuan melainkan dorongan psikis. Dorongan ini nampak
jelas dalam cinta bapak kepada anak-anaknya, karena barsumber dari kesenangan
dan kegembiraan baginya sumber kekuatan dan kebanggaan dan merupakan faktor
penting bagi kelangsungan peran bapak dan kehidupan tetap terkenangnya dia
setelah meninggal dunia.
àCINTA KEPADA ALLAH
Kemesraan dapat
menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan
berbagai bentu seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.
v KASIH SAYANG
Kasih sayang atau dikenal juga sebagai (Afeksi istilah psikologi dalam bahasa Inggris Affection) secara harfiah adalah semacam status kejiwaan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal. Istilah ini dalam bahasa Inggris sering digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua orang (atau lebih) yang lebih dari sekedar rasa simpati atau persahabatan.
àPengertian Kasih Sayang.
Kasih sayang
adalah suatu sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Tuhan baik
mahluk hidup maupun benda mati seperti menyayangi diri sendiri sendiri
berlandaskan hati nurani yang luhur.
àKebutuhan Akan Rasa Kasih Sayang
Kasih sayang
adalah faktor yang cukup penting dalam kehidupan anak, kasih sayang tidak akan
dirasakan oleh si anak apabila dalam kehidupannya mengalami hal-hal sebagai
berikut :Kehilangan pemeliharaan orang tuanya, Anak merasa tidak diperhatikan ,
dan kurang disayangi., Orang tua terlalu ambisius dan otoriter, Orang tua yang
mempunyai sikap yang berlawanan.
àKasih Sayang dalam Kehidupan Bertetangga
Makna kasih yang
sesungguhnya itu bagaimana kita memberi yang terbaik buat orang lain, baik itu
membahagiakan, tidak merebut kebahagiaan orang lain dan membuka pintu hati
untuk sebuah kasih. Kasih adalah suatu perasaan, tetapi kasih ini beda dengan
CINTA, kasih lebih bersifat rasa kepedulian seorang insan tanpa ingin meminta
imbalan atas apa yang telah dilakukan untuk yang dikasihinya. Oleh karena
itu setiap insan mau diri mereka disayangi. Karena dengan rasa sayang itu
setiap insan dapat merasakan kebahagiaan yang hakiki. Apabila sifat kasih
sayang mulai luntur dan sifat dendam, kebenciannya lebih besar maka akan
menjanjikan kehancuran kepada sesuatu bangsa atau masyarakat.
Jadi Kasih sayang
adalah pembangunan kasih sayang jangan pernah menuntut perhatian dan
kasih sayang seseorang, bila kamu tidak memulai yang kamu tuntut. Kasih adalah
sebuah kata yang sering terdengar di telinga kita. Kasih bukanlah suatu hal
yang tabu untuk diucapkan, apalagi dirasakan. Kasih akan membuat kita merasa
nyaman, damai dan tentram.
àW.J.S.Porwadarminta
adalah perasaan
sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan
berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini
merupakan pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi (pria-wanita) bila
diakhiri dengan perkawinan, maka didalam rumah tangga , keluarga muda itu bukan
lagi bercinta-cintaan, tetapi sudah bersifat kasih mengasihi atau saling
menumpahkan kasih sayang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari
masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling
percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan
kesatuan yang bulat dan utuh.Bila salah satu unsur kasih sayang hilang,
misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih
sayang yang tidak disertai kejujuran, terancamlah kebahagian rumah tangga itu .
Kasih sayang itu
harus membebaskan dan kebebasan itu datang dengan tanggung jawab.
“Sayang” datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya .
“Sayang” datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya .
Cara menyayangi
yang terbaik adalah yang melembutkan jiwa, yang membuat kita lebih
menginginkannya, yang memberi kehangatan di hati dan memberi kedamaian pada
pikiran.
Menyayangi adalah
membiarkan orang yang kita cintai menjadi dirinya sendiri, tanpa berusaha
mengubahnya menjadi yang kita inginkan. Jika tidak, kita hanya mencintai
pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dirinya.
v KEMESRAAN
à Pengertian Kemesraan
Kemesraan berasal
dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal
yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber
dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama
dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
1.
Kemesraan dalam
Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimanamasa
remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan
seksualitasnya kuat menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
2.
Kemesraan dalam
Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya
pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa
sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
3.
Kemesraan Manusia
Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada
masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.
v PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti , nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.
Tuhan adalah
pencipta, tetapi Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan
segala perintahNya. Karena itu ketakutan manusia . Manusia selalu mendampingi
hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusia memujaNya. Karena itu
jelaslah bagi kita semua, bahwa pemujaan kepada Tuhan adalah bagian hidup
manusia, karena Tuhan pencipta semesta termasuk manusia itu sendiri, dan
pencintaan semesta untuk manusia.
Kalau manusia
cinta kepada Tuhan, karena Tuhan sungguh maha pengasih lagi maha penyanyan.
Kecintaan manusia itu dimanifestasikan dalam bentuk pemujaan atau sholat. Dalam
kehidupan manusia terdapat berbagai cara pemujaan sesuai dengan agama,
kepercayaan, kondisi dan situasi. Sholat di rumah, di masjid, sembahyang di
pure, di Puncak cinta manusia yang paling bening, jernih dan spiritual ialah
cintanya kepada Allah. Dan kerinduannya kepadaNya, tidak hanya dalam sholat,
pujian dan doanya saja tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah lakunya
semua tingkah laku dan tindakannya ditunjukan kepada Allah mengharapkan
penerimaan dari ridhoNya.
Cinta yang ikhlas
seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong
yang mengarahkan dalam kehidupannya dan menundukan semua bentuk kecintaan
lainnya. Cinta inipun juga akan membuatnya menjadi seorang yang cinta kepada
sesama manusia, hewan, semua makhluk Allah dan seluruh alam semesta sebab dalam
pandangannya semua wujud yang ada disekelilingnya mempunyai manifestasi dari
Tuhannya yang membangkitkan kerinduan-kerinduan spiritualnya dan harapan
kalbunya.
àCINTA KEPADA RASUL
Cinta kepada
Rasul, yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta,menduduki
peringkat kedua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal
sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat
luhur lainnya.
Seorang mukmin
yang benar-benar beriman dengan sepenuh hati akan mencintai Rasulullah yang
menanggung derita dakwah Islam, berjuang dengan penuh segala kesulitan sehingga
Islam tersebar di seluruh penjuru dunia, dan membawa kemanusiaan dari
kekelaman, kesesatan menuju cahaya petunjuk.
v BELAS KASIHAN DAN CINTA KASIH EROTHIS
àBELAS KASIHAN
Dalam surat
Yohanes dijelaskan ada tiga macam cinta, Cinta agape ialah cinta manusia kepada
Tuhan. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan saudara, dan
ketiga cinta Amor/ Eros ialah cinta antara pria dan wanita. Beda antara cinta
eros dan amor ini ialah cinta eros karena kodrati sebagai laki-laki dan
perempuan, sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinalar, misalnya
gadis normal yang cantik mencintai dan mau dinikahi seorang pemuda yang kerdil.
Disamping itu
masih ada cinta lagi yaitu cinta terhadap sesama. Cinta terhadap sesama
merupakan perpaduan antara cinta agape dan cinta philia. Cinta sesama ini
diberikan istilah belas kasihan, untuk membedakan antara cinta kepada orang
tua, pria wanita dan cinta kepada Tuhan.
Dalam cinta
sesama ini dipergunakan istilah belas kasih, karena cinta disini bukan karena
cakapnya, kayanya, cantiknya, pandainya, melainkan karena penderitaanya.
Penderitaan ini mengandung arti luas. Mungkin tua, sakit-sakitan, yatim piatu,
penyakit yang dideritanya,dan sebagainya.
Perbuatan atau
sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berakhlak, manusia mempunyai
potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi
belas kasihnya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang berbudi
dan terpujilah oleh Allah.
àCINTA KASIH EROTIS
Cinta kasih
kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang-orang yang sama-sama sebanding,
sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah
tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut,
Kedua-duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hakekatnya cinta kasih tidak
terbatas kepada seseorang saja. Berlawan dengan kedua jenis cinta kasih
tersebut ialah cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan akan penyatuan
yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang. Pada hakekatnya cinta kasih
tersebut bersifat bersifat ekslusif, bukan universal, dan juga barangkali
merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya.
Pertama-tama
cinta kasih erotis kerap kali dicampur baurkan dengan pengalaman yang eksplosif
berupa jatuh cinta, tetapi seperti yang telah dikatakan terlebih dahulu ,
pengalaman intimitas, kemesraan yang tiba-tiba ini pada hakekatnya hanyalah
sementara saja.Bilamana orang asing tadi telah menjadi seseorang yang diketahui
secara intim, tak ada lagi rintangan yang harus diatasi , tidak lagi kemesraan
tiba-tiba yang harus diperjuangkan pribadi yang dicintai telah dipahami orang
seperti dirinya sendiri.
Disamping itu
terdapat pula faktor-faktor lain , banyak orang mempunyai arti sebagai
cara-cara mengatasi keterpisahan, seperti bercakap-cakap tentang kehidupan diri
pribadi, tentang pengharapan-pengharapan dan kecemasan-kecemasannya, menampakan
diri dengan segi-segi keanehannya, mengadakan hubungan dan minat yang sama
terhadap dunia sekitar, semuanya itu dilaksanakan untuk mengatasi keterpisahan.
Bahkan dengan memperlihatkan kemarahanya, kebencianya, dan memperlihatkan
kekuranganya menahan diri, semuanya dianggap telah dicapai intimitas. Hal ini
dapat menerangkan adanya daya tarik perversi (buruk). Cinta kasih dapat
merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual, dalam hal itu hubungan fisis
tadi tidak memperlihatkan sifat-sifat yang rakus atau serakah dalam keinginan
untuk menaklukkan atau untuk ditaklukkan, tetapi akan tercampur dengan
kehalusan bertindak serta kemesraan.Apabila keinginan untuk penyatuan tidak
dirangsang oleh cinta kasih, apabila cinta cinta kasih erotis tidak juga
merupakan cinta kesaudaraan, ia hanya akan membawa kita kepada penyatuan yang
bersifat orgiatis (pesta pora) dan sementara saja. Daya tarik seksual untuk
semaentara waktu menimbulkan khayalan penyatuan, namun tanpa cinta kasih
sebenarnya penyatuan ini membiarkan dua orang asing tetap berjauhan yang satu
dengan yang lain seperti sebelumnya, Kadang-kadang hal itu menimbulkan rasa
malu diantara mereka, bahkan menimbulkan rasa benci yang satu terhadap yang
lain.
Dalam cinta kasih
erotis terdapat ekslusifitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan
dan cinta kasih keibuan. Ciri-ciri eksklusif dalam cinta kasih erotis ini perlu
dibicarakan lebih lanjut. Kerap kali eksklusivitas dalam cinta kasih erotis
disalah tafsirkan dan diartikan sebagai suatu ikatan hak milik.Cinta kasih
erotis eksklusif hanyalah dalam arti bahwa seseorang dapat menyatukan dirinya
secara lengakap dan intensif hanya dengan satu orang saja. Cinta kasih erotis
mengeksklusifkan cinta kasih terhadap orang lain hanyalah dalam segi-segi fusi
erotis dan keikut sertaan selengkapnya dengan semua aspek kehidupan orang-orang
lain, tetapi bukan dalam arti cinta kasih kesaudaraan yang mendalam terhadap
orang lain.
Dengan demikian
maka, baik pandangan bahea cinta kasih erotis merupakan atraksi individual
belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari pada
perbuatan , kemauan kedua-duanya, atau lebih tepat jika dikatakan bahwa tidak
terdapat pada yang lain satu, juga tidak pada yang lain. Oleh karena itu,
gagasan bahwa hubungan pernikahan mudah saja diputuskan apabila orang tidak
sukses didalamnya, merupakan gagasan yang sama sekali keliru dengan gagasan bahwa
hubungan semacam itu, didalam keadaan bagaimanapun , tidak boleh diputuskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar